Welcome to Murah Juliana's Blog

Kamis, 20 Oktober 2011

Tips Cara Membuat Kata Sandi (Password) yang Bagus / Baik


Saat ini kita sering sekali menggunakan kata sandi atau password untuk aplikasi yang akan kita gunakan, baik itu untuk mengakses email, blog / website, sosial website seperti facebooktwitter, atau mungkin juga untuk telepon seluler milik kita. Lantas seberapa bagus / kuat kah passwordyang kita gunakan ? Cara termudahnya adalah menghitungnya dengan mengggunakan kemungkinan yang dapat dihasilkan dari panjang untaian / karakter / huruf yang anda gunakan pada password anda. Semakin banyak kombinasi yang mungkin dihasilkan, maka akan semakin susah password anda dibongkar / ditebak / dihack.

Contoh sederhananya begini. jika Handphone anda menggunakan password yang berupa 4 digit angka, maka kemungkinan password telepon anda dapat ditebak adalah 1 berbanding 10.000 ( angka 0000 sampai dengan 9999). Jika anda menggunakan 8 huruf untuk password email anda, maka kemungkinan password anda ditebak adalah 26 x 26 x 26 x 26 x 26 x 26 26 x 26 = 208.827.064.576 atau lebih dari 208,8 milyar kemungkinan! tapi jika anda menggunakan nama anda…seperti “putriayu” atau “ekoparto” hal tersebut dapat memperbesar kemungkinan tertebak hanya dalam hitungan belasan kemungkinan!
Oleh karena itu jika anda hendak membuat password yang bagus jangan menggunakan nama (baik nama anda, orang tua, kerabat, saudara, orang dekat anda), tanggal (baik tanggal lahir, perayaan, atau hari istimewa), kata-kata yang biasa anda favoritkan / senangi, kata yang biasa digunakan, ataupun kata yang mudah ditebak orang (karena mereka mengetahui sifat/kesukaan anda).
Ada beberapa tips untuk membuat password :
  • Gunakan angka kombinasi angka dan huruf
  • Gunakan karakter seperti “@#$_%%^&*(” atau yang lainnya bila memungkinkan.
    Sebagai contoh, gunakan kata yang mudah anda ingat tetapi susah ditebak orang, contoh : “7an&/gi” (baca Tujuan dan Pergi.. :D ).
  • Jika memungkinkan, gunakan variasi karakter atau huruf yang lebih banyak. Sebagai contoh, bila huruf “A” dan “a” dianggap berbeda, maka gunakanlah variasi tersebut. contoh : “7AN&/gi”. Kemungkinan untuk menebak tersebut : lebih dari 44,23 Trilyun!
Inti dari password sebenarnya adalah kerahasiaan anda. Seberapa jauh / kuat anda memegangpassword anda untuk tidak diberitahukan ke orang lain, atau kemudahan orang lain untuk menebakpassword anda. Oleh karena itu jika telah selesai memakai sebuah aplikasi, baik itu emailfacebook, ataupun yang lainnya, segera lakukan “sign-out” atau “keluar”.
SElain itu, bila memungkinkan ubahlah password secara reguler, misalkan sebulan sekali atau bila beresiko ubahlah password menjadi seminggu sekali.
Tetapi bila anda seorang pelupa, maka untuk mempermudah membuat password cobalah membuat pola password yang hanya diketahui oleh anda. sebagai contoh, gunakan dan ingat kata-kata sederhana seperti “maju2x”, “2+DUA=empat”, dan sebagainya. Tetapi ingat, bahwa kata-kata tersebut hanya anda dan Tuhan saja yang tahu.. ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar